PENGANTAR KOMPUTER
Komputer diciptakan pertama kali oleh John Mauchly dan Presper Eckert
Pada tahun 1946. Mereka berhasil menciptakan komputer electronis pertama yang
menggunakan tabung hampa .adapun cirri-ciri dari komputer generasi pertama
adalah :
1.
Ukurannya besar
2.
Cepat panas
3.
Proses relatif lambat.
4.
Kapasitas memory kecil.
5.
Program yang digunakan dalam bahasa mesin
Pada perkembangan berikutnya ditemukan
Komputer generasi II dengan “Transistor” sebagai komponen dasarnya, disertai penggunaan “Magnetic Disk” dan “Magnetic Tape”,
juga mennggunakan bahasa program tingkat tinggi. Pada sekitar tahun 1964
ditemukan komputer generasi III yang
menggunakan “Integrated
Circuit” (IC). Yaitu transistor-transistor kecil
yang saling berintegrasi. Selain itu komputer generasi III juga dilengkkapi
dengan scondary storage sebagai
alat bantu untuk menyimpan memori.
Pada dekade 1980-an, ditemukan
komputer generasi IV yang menggunakan chip VLSI yang berukuran kecil
namun berkapasitas besar, dengan proses out put dan input yang semakin cepat
dan kuat. Sejak saat itu perkembangan komputer semakin pesat. Bahkan dewasa ini
komputer selain digunakan dalam berbagai operasi jaringan telekomunikasi, juga
menjadi alat utama pengembangan iptek. Faximilli, E-mail (Internet) sebagai
bukti perkembangan multifungsi komputer.
1.1 DEFINISI KOMPUTER
John
E Kemeny dan Thomas Kurtz dalam bukunya yang berjudul BASIC PROGRAMING Mengatakan : “ a machine that carries out
calculation and logical operation upon command “,sedangkan dalam buku COMPUTER TODAY yang dikarang oleh
Donald H Sanders terdapat kalimat sepert berikut ini :“an electronic
symbol manipulating system that`s design Angorganized to automaticali accept
and store input data, process them , and produce out put result under the
direction of detailed of step by step store of instructions:.
Komputer menurut
kedua ahli tersebut didefinisikan sebagai
rangkaian elektronik yang bekerja bersama-sama yang di gunakan untuk mengolah
data mentah menjadi suatu informasi melalui proses tertentu yaitu berdasarkan
instruksi atau program yang di berikan kepadanya .
1.2 MACAM-MACAM KOMPUTER
1 Komputer Menurut
Perkembangannya
Menurut perkembangannya komputer terdiri dari:
1)
Komputer generasi I
2)
Komputer Generasi II
3)
Komputer Genersi III
4)
Komputer generasi IV
1
Komputer Menurut Bidang Masalahnya
Menurut bidang masalahnya
komputer terdiri dari:
1) General Purpose Computer ( Komputer
yang rirancang untuk menyelesaikan berbagai masalah)
2) Special Purpocer Computer (Komputer
yang dirancang untuk menyelesaikan masalah tertentu saja)
3)
Personal Computer (Computer
pribadi yang sifatnya untuk membantu kegiatan pekerjaan
administrasi/perkantoran)
1 Komputer Menurut
jenis datanya
Komputer dibagi menjadi 3 jenis
,antara ;ain sebagaio berikut.
1)
Digital computer
Jenis komputer ini khusus di
rancang untuk mengolah data kuantitatif, berupa angka,huruf dan symbol. Digital
komputer biasanya di gunakan untuk proses data dalam bidang rekayasa bisnis ,
sains dan teknologi.
2)
Analog computer
Jenis komputer yang
dirancang untuk mengolah data kwalitatif, misalnya suhu , tegangan dan
kecepatan suara . Komputer analaog biasanya di gunakan untuk mengontrol mesin
dalam memproduksi barang.
3)
Hybrid komputer
Jenis ini merupakan gabungan
dari 2 jenis sebelumnya ,yaitu dapat
mengolah data kwalitatif ataupun data kuantitatif.
Ada tiga aspek yang
penting agar komputer dapat bekerja . Jika diantara tiga aspek tersebut tidak
ada maka komputer tidak dapat bekerja . Ketiga aspek tersebut adalah :
1.
Hardware ( Perangkat keras)
2.
Software(Perangkat lunak )
3.
Brainware (pemakai atau
pelaksana)
1 Hardware
Hardware atau perangkat
keras merupakan peralatan peralatan yang membentuk suatu komputer ,termasuk
alat pembaca data .Hardware adalah seluruh komponen yang membentuk system
komputer ,baik itu unit komputernya ataupun unit-unit yang berada di luar
komputer yang memungkinkan komputer dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
NAMA- NAMA PERANGKAT
KERAS (HARDWARE)
- MONITOR = Berfungsi untuk menampilkan data .
- MOUSE = Berfungsi untuk menggerakan Pointer.
- POINTER = Gambar panah yang tampil dalam monitor .
- PRINTER = Alat mesin cetak (treproduksi)
- KEYBOARD = Berfungsi untuk papan pijit .
- CPU = Berfungsi untuk mengontrol semua kegiatan komputer. CPU (Central Processing Unit) mengontrol 3 bagian penting yaitu : 1) Pembaca data input; 2) Pengolahan / pemprosesan data; dan ) Penulisan hasil pengolahan (Output).
CPU (Central Processing Unit) dibentuk dengan alat
(Hardware ), diantaranya
1.
PLOFY DISK =
Berfungsi untuk menyimpan data ke disket.
2. HARDISK = Berfungsi untuk Menyimpan data ke komputer.
2. HARDISK = Berfungsi untuk Menyimpan data ke komputer.
3.
PROCESSOR =
Berfungsi untuk memproses secara keseluruhan.
4.
RAM (memori) = Berfungsi sebagai otak komputer.
5.
VGA CARD =
Berfungsi untuk mengolah warna dalam komputer
6.
POWER SUPPLY=Berfungsi untuk pengaturan setrum ke
komputer
7. MOTHERBOARD = Alat untuk menyimpan hardware kecil seperti: Ram,
Ram Hardisk, Plofy disk, VGA Card, Power Supply
Untuk Hardware yang
bernama Hardist , Ram ,Vga Card
mempunyai kemampuan proses yang dukur dengan Kilo Bith, Mega bith sampai
Gega bith. Sebagai ukuran 1 byte adalah satu karakter kalau I kilo bith sama
dengan 1000 karakter huruf. Mega lebih
besar dari kilo dan giga lebih besar dari mega bith
1
Software
Software adalah prosedur yang harus dilakukan oleh pemakai .
Prosedur-prosedur ini merupakan serangkaian instruksi yang membimbing seseorang
dalam memecahkan masalah . sehingga komputer dan pemakai dapat berkomunikasi . Agar
instruksi–instruksi tersebut dapat dimengerti maka orang /pemakai harus
memberikannya dalam bahasa yang dimengerti komputer . Dengan kata lain software
yaitu sekumpulan program atau prosedur yang berhubungan dengan operasi pada
suatu sistem komputer
Software systeem (sistem perangkat lunak) dapat dibedakan
dalam 4 bagian, antara lain sebagai berikut.
- Operating Systeem , berfungsi untuk mengontrol seluruh operasi yang dilaksanakan oleh komputer. Contoh operating sistem: PC DOS, MS DOS, UNIX/XENIX, CP/M dll.
- Programming Language, yaitu sekumpulan simbol atau intruksi yang dimengerti oleh komputer untuk mengolah data. Berdasarkan tingkat kesulitannya bahas pemrograman terbagi 3 tingkat yaitu: Bahasa mesin, bahasa assmebler, dan bahasa tingkat tinggi ( Basic, Pascal, Fortran, dsb).
- Utility Program , yang berfungsi untuk mempermudah pemakaian komputer, seperti untuk kenyalin/copy software, mengecek kerusakan dsb. Contoh Utility program di anataranya: Norton U, Pctools, Always, Sidekick, Scandisk dsb.
- Aplication Sofware, yaitu software yang langsung dapat digunakan untuk fungsi-fungsi pengerjaan tertentu. Beberapa contoh Aplikasi software diantaranya: Word Processor, Chi Writer, Word Prefix, Lotus, Data Base, Microsoft word, Microsoft excel, Corel, dsb.
1 Brainware
Brainware adalah pemakai yang menjalankan
komputer sesuai dengan prosedur yang ada Walaupun software dan hardware sudah
ada ,komputer tidak dapat di operasikan jika tidak ada operatornya yaitu
Brainware .
Ada beberapa tingkatan Braiware, dan
biasanya Brainware digolongkan dalam tingkatan-tingkatan seperti tersebut di
bawah ini :
1) System Analist.
Systeem Analist bertugas menganalisa ,
membentuk dan membangun sesuatu system informasi yang diciptakan dan di
kembangkannya .
2) Programer
Programer bertugas menyusun instruksi
yang di kenal oleh komputer untuk suatu aplikasi khusus ,dan mengembangkan
aplikasi khusus tersebut.
3) Operator
Operator terbagi menjadi 2
bagian ,yaitu :
a)
Data Entry Operator
Bertugas mengurus data yang akan
diolah ,mulai dari mengumpulkan data, memasukan data dan melakukan pemeriksaan
dan pengiriman data yang di hasilkan oleh komputer.
b)
Komputer Operator
Bertugas menangani secara langsung
pengolahan data dalam ruangan komputer .
4) Technical Support
Technical support terbagi
menjadi 2 bagian :
a)
System programmer: Bertugas mengendalikan dan memelihara
system softwarte
b) Database Administrator: Bertugas mendesign, menciptakan
dan memelihara database.
0 komentar